Wednesday, January 30, 2013

FW: Share $1000/bulan dari Fiverr

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Thursday, January 31, 2013 00:28
Author: TuanBeruang
Subject: Share $1000/bulan dari Fiverr

 

Sebelumnya maaf karena buat thread baru, padahal udah ada thread http://www.ads-id.com/forums/showthr...tentang-Fiverr. Alasan saya buat thread baru cuma karena di thread itu malah banyak yang nanya gimana caranya bisa jual gig yang sama, alih-alih mikir buat cari gig laen yang lebih cocok untuk mereka.

anyway, ini hanya sharing pengalaman, klopun mau dimerge ama mod dengan thread itu, silahkan aja mod.

KENAPA FIVERR ?

Mungkin pada nanya, kenapa Fiverr ?, kenapa ga web sendiri ?, mungkin jawabannya adalah karena di Fiverr ada banyak buyer yang siap membeli jasa anda.

ga perlu bikin web, SEO, backlink, dsb. cukup buat gig, dan promosikan. Masalahnya adalah, ada banyak seller juga yang akan bersaing dengan anda.

MENCARI NICHE

Di fiverr, kita bisa menjual apa aja, dari jasa dasar kayak bikin logo, benerin website, sampe jasa aneh2 kayak joget2 sambil bawa papan, foto di depan monumen bawa2 tulisan, dan sebagainya.

Niche di Fiverr saya golongkan ke dalam beberapa kategori :
1. Design - udah jelas, design web, logo, banner, dan sebagainya
2. Animating - jasa pembuatan video simple, bisa slideshow video, presentation, dan sebagainya.
3. Promoting - jasa promosi, twitter, facebook, youtube multi-upload, dsb.
4. Fun - lucu2an, cocok klo kamu pengen ngeliat orang india dengan logatnya nyebut nama website kamu, atau mungkin cuma pengen liat nama kamu ketulis di dada montok seorang wanita.

MEMBUAT TEMPLATE GIG

di Fiverr, kamu akan melakukan hal yang sama berulang2 untuk setiap gig. karena itu kamu perlu template. terlepas apapun itu, kamu perlu template dan system yang bakal mempermudah kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

"ah, yang paling gampang kan cuma bikin ebook aja, trus jual deh di fiverr"
salah !!, klo kamu kreatif, kamu bisa buat template kamu sendiri untuk setiap gig yang kamu buat

CONTOH :

Design - kamu bisa beli 100 design logo (saya sendiri cari di WF, dapet seller yang bisa ngasih ini) dalam bentuk PSD yang siap diubah. setiap ada kerjaan baru, saya tinggal ubah aja template logonya (tinggal cari template yang sesuai, lalu ubah nama logonya), klo punya modal, beli software pembuat logo instant, ga punya modal ?, cari bajakannya.

Animating - coba pergi ke videohive.com, ada ratusan template Adobe After Effect yang bisa kamu beli dengan harga $20-an, yang bisa kamu jual. pastikan kamu liat copyrightnya dulu, biasanya hasil dari template ini (artinya kamu pake template ini untuk buat video bagi klien kamu di fiverr) bisa dijual. tapi templatenya sendiri tidak bisa dijual.

Promoting - ini juga apalagi, banyak cara untuk bisa dapetin 1000 like, 100000 follower twitter, dsb. gimana caranya ?, cari donk. mulai dari pake bot, beli software pembuat akun fb otomatis, dsb. lalu jual deh gig mengenai 1000 like, dsb. yang perlu diperhatikan, klo yang kamu jual fake fb like, jangan bilang asli. bilang aja fake.

Fun - klo yang ini perlu kreativitas, kenapa ga coba jual "saya akan memegang kertas bertuliskan apapun didepan monas jakarta", atau "saya akan menyanyikan lagu kuch kuch hota hai sambil salto", atau "saya akan menuliskan nama anda di paha saya yang mulus ini, btw nama saya Joni", be creative ..

gunakan software2 yang anda punyai, punya market samurai ?, jual list keyword. punya senuke ?, jual jasa promosi anda. punya logo creator ?, jual design logo. punya artisteer ?, jual template wp sederhana. ga punya apa2 ?, cari bajakan (saya ga merekomendasikan pake software bajakan, tapi klo itu satu2nya cara, kenapa enggak, dengan catatan beli aslinya ketika anda sudah bisa beli dari hasil fiverr)

saya sendiri bikin video animasi pake software yang harga bulanannya paling cuma $20, tapi bisa ngasilin $1000 buat saya.

UPSELL :

Upsell atau tawarkan lebih kepada klien.

fiverr sebenarnya lebih menjadi sebuah 'jalan masuk' klien untuk mengenal anda lebih dekat, ambil contoh video animasi saya, saya cuma jual murah, lalu pada saat saya kirim filenya, saya cantumkan juga satu file bernama "ReadMe.txt" dimana didalamnya saya tawarkan paket2 lain yang bisa dibeli di fiverr saya, dan apa keuntungannya.

pada saat orang order, biasanya saya juga menanyakan apakah mereka mau memakai Gig Extra dengan biaya tambahan (Gig Extra cuma bisa dipake klo kamu udah jadi seller Lvl.1, klo masih Lvl.0 gak bisa, lebih lanjut soal Level bisa dilihat disini : http://fiverr.com/levels), $1000 yang saya dapat (sebenernya baru dpt $800, dan gig baru dibuka selama 20 hari, jadi ada kemungkinan bisa nyampe $1000+ pada hari ke 30) lebih banyak didapat karena saya menawarkan Gig Extra kepada mereka. sehingga buyer yang awalnya cuma pesen $5, malah jadi pesen $55, bahkan $100.

diluar fiverr, beberapa klien juga menghubungi saya dan menghasilkan order sekitar $3000 yang sedang dikerjakan, dan $20,000 yang lagi ongoing (udah deal, tinggal arrange waktu).

TURNAROUND TIME

Turnaround Time atau Delivery Days adalah berapa lama waktu yang kita perlukan untuk mengirimkan service yang kita janjikan. pastikan hal ini sesuai dengan jadwal kamu. perhitungkan juga perbedaan waktu. jangan sampe buat bales message aja dia butuh waktu 12 jam (karena pada saat kamu ngirim message, dia tidur), sedangkan kamu menjanjikan Delivery Days dalam waktu 1 hari, ya susah lah.

klo kamu merasa tidak bisa melakukannya, lebih baik CANCEL ORDER saja, daripada nanti malah kliennya marah dan ngasih kamu negative rating (pengalaman pribadi).

untuk keterlambatan, Fiverr memberi batas toleransi 1 hari. misalnya Delivery days adalah 1 hari, jadi klo udah ebih dari 1 hari belum dianter, maka akan dicatat sebagai LATE, tapi kamu masih punya waktu untuk mengantarkan pesanan buyer, klo udah lebih dari 24 jam. maka dicatat sebagai VERY LATE dan buyer bisa mencancel order dan memberi negative rating.

EXPRESS GIG

Khusus untuk Express Gig, kamu otomatis mendapatkan status Express Gig apabila kamu menset waktu menjadi 1 day, dan mengirimkan produk kurang dari 24 jam. (perlu setidaknya 2 order). untuk Express Gig, klo udah lebih dari 24 jam, maka akan ditulis sebagai VERY LATE dan buyer bisa mencancel dan memberikan negative rating. tapi Express Gig juga punya lebih banyak orderan biasanya, karena punya kategori tersendiri.

CUSTOMER SERVICE

Pelayanan adalah hal yang paling utama, buat template pesan yang akan dicantumkan SETIAP KALI kamu mengirimkan produk yang diminta buyer, didalam pesan itu kamu harus menanyakan apakah mereka puas, dan klo mereka puas silahkan tandai pesanannya sebagai COMPLETE (klo tidak ditandai, kamu harus nunggu 3 hari sebelum otomatis ditandai sebagai complete). minta mereka agar men-collect gig kamu (semakin banyak yang collect, semakin tinggi rating gig kamu di search engine Fiverr, dan semakin banyak orang yang bakal liat gig kamu dan order)

STEP-BY-STEP MEMULAI FIVERR

  1. tentukan niche dan produk yang ingin dijual, beli software yang diperlukan, siapkan semuanya
  2. buka akun fiverr
  3. setting delivery day sebagai 1 day, dan dapatkan status Express Gig
  4. buat VIDEO perkenalan, bisa pake slideshow yang direkam, atau beli aja jasa pembuatan animasi video di fiverr juga.
  5. klo bisa, promosikan gig kamu. saya sendiri ga terlalu mempromosikan, tapi mungkin karena jasa jenis video emang dicari2, jadi ga terlalu banyak saingan.
  6. setelah 1 bulan, ubah delivery day menjadi 2 day agar kamu ga terlalu repot (pengalaman pribadi, pada saat saya buat menjadi 1 day, saya begadang tiap malam karena ada 4-5 order setiap hari, saya ubah jadi 2 day ketika umur gig baru seminggu, dan saya buat jadi 3 days pada saat umur gig 2 minggu). intinya, klo servis yang kamu tawarkan butuh waktu, naikkan waktu pengiriman ini secara bertahap.
  7. setelah masuk ke lvl.1 seller, buat Gig Extra, dan tawarkan hal ini ke setiap klien yang order dari kamu. kasih mereka KEUNTUNGAN apa yang akan mereka RASAKAN, bukan FASILITAS yang diberikan. orang ga pengen 10000 backlink buat website dia, tapi mereka pengen web mereka ada di #1 search page google. jual MANFAAT, bukan LIST FASILITAS.



begitu aja terus, saya saat ini dapet setidaknya 3 order perhari, rata2 ada yang pake gig extra, dsb. klo ada keterlambatan, saya selalu menghubungi buyernya meminta mereka menunggu 12 sampai 24 jam. dan biasanya mereka bisa mengerti. upsell gig anda. $800 dalam 20 hari saya dapatkan kebanyakan dari hasil upsell. kurang lebih 100 orderan, artinya rata2 satu order $8 keuntungannya.

OPINI HASIL PENGALAMAN

Ini adalah opini pribadi, dari buku2 fiverr yang saya baca, banyak yang menyarankan buat 20 gig sekaligus (maksimal gig yang bisa dipunyai di fiverr), tapi pada kenyataannya, top seller di fiverr tidak mempunyai banyak gig. saran saya, fokus ke niche kamu aja. klo jual SEO, jual jasa2 yang berhubungan dengan SEO, jangan satu gig tentang SEO, satu gig tentang design, dsb dsb. saya jadi lvl.2 seller hanya dalam waktu 19 hari. padahal seharusnya dalam waktu 2 bulan. dan gig saya cuma 3 buah, semua berhubungan dengan pembuatan video.

NEGATIVE RATING

Yang bisa memberikan negative rating
- order ditandai LATE DELIVERY dan pembeli mengcancel pembelian, dapat negative review secara OTOMATIS
- produk sudah didelivery, tapi buyer memberikan negative rating. (klo buyer mendapat pelayanan sebagaimana mestinya tapi tetap memberikan negative rating, jangan sungkan2 menghubungi fiverr)

SCREENSHOT

ini screenshot yang di fiverr aja, saya ga menyertakan screenshot diluar itu karena disini cuma membicarakan fiverr

fiverr.jpg


terima kasih dan semoga membantu
TuanBeruang

Attached Images


View article...