Wednesday, April 10, 2013

Joko Widodo Sosialisasi Sertifikasi Halal untuk Rumah Makan

Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi melakukan sosialisasi terkait sertifikasi halal untuk restoran atau rumah makan yang ada di seluruh wilayah jakarta.
   
"Sosialisasi ini sengaja dilakukan dalam rangka melayani keinginan masyarakat, baik dari Jakarta maupun luar daerah atau luar negeri," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.
   
Menurut Joko Widodo sertifikasi halal tersebut dilakukan atas dasar tuntutan dari masyarakat karena ingin memperoleh kepastian halal atas suatu restoran maupun rumah makan.
   
"Warga menyampaikan keinginannya kepada saya, bahwa mereka tidak ingin merasa was-was ketika sedang makan di restoran. Mereka (warga masyarakat) ingin diyakinkan apakah restoran yang mereka kunjungi itu menyajikan menu yang halal atau tidak," ungkapnya.    

Gubernur Jokowi juga mengatakan sampai dengan saat ini, tidak ada satu pun badan atau lembaga yang melakukan pengawasan terkait sertifikasi halal tersebut secara berkala.
   
"Oleh karena itu, kita melibatkan Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk melakukan pengawasan sertifikasi halal ini," ungkap Jokowi.
   
Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman menuturkan dalam pelaksanaannya, LPPOM akan rutin mendatangi langsung beberapa restoran di Jakarta untuk melakukan pengawasan.
   
"Semua restoran nantinya akan diberi label atau stiker halal. Selanjutnya, LPPOM akan terus melakukan pengawasan secara berkala untuk melihat apakah label tersebut masih sesuai dengan menu yang disajikan," tutur Arie.
   
Untuk langkah awal, Arie menambahkan sosialisasi sertifikasi halal ini akan dilakukan di kurang lebih 300 restoran yang ada di wilayah Jakarta. Sumber:
Gubernur Jokowi Sosialisasi Sertifikasi Halal untuk Restoran dan Rumah Makan