Monday, April 1, 2013

Protes Beruang Kutub di Rusia

Moskow, Rusia - (AFP/ANTARA) - Seorang aktivis Greenpeace yang melakukan aksinya dengan kelompok lingkungan hidup untuk memprotes eksplorasi energi di perairan Arktik Rusia dengan mengenakan kostum beruang kutub dan mengapung di sepanjang Sungai Moskow yang melintasi Kremlin pada Senin, ditahan.

Aktivis itu yang mengenakan kostum tersebut berdiri di atas bantalan udara putih yang dirancang menyerupai gumpalan es yang terapung dengan tanda bertuliskan “Tolong!” dan “Arktik tidak dijual” sebelum patroli sungai tiba dengan perahu motor dan mengamankan aktivis tersebut.

Aktivis itu kemudian dibebaskan dari kantor polisi tanpa hukuman, Greenpeace menulis di Twitter-nya, menambahkan bahwa “kejahatan sedang dilakukan di Arktik.”

Pihak Greenpeace mengatakan bahwa protes itu bertujuan untuk memprotes rencana perusahaan patungan antara Statoil dari Norwegia dan Rosneft dari Rusia untuk mengeksplorasi cadangan minyak yang belum dimanfaatkan di Laut Barents Rusia.

Greenpeace memberikan pernyataan dalam situsnya bahwa mereka mulai mengumpulkan tanda tangan untuk diberikan kepada Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg, agar mengehentikan proyek tersebut, dengan memperingatkkan mengenai risiko tumpahan minyak.

Green Peace menuduh Statoil mengerjakan proyek yang berisiko terhadap lingkungan di Rusia yang tidak akan berani mereka lakukan di negara asalnya.(gf/wy)