Friday, April 5, 2013

[SHARE] Mengenai Website Flipping di DigitalPoint ++

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Friday, April 05, 2013 15:18
Author: yumichan
Subject: [SHARE] Mengenai Website Flipping di DigitalPoint ++

 

Halo semuanya,

Thread ini merupakan kelanjutan dari thread gak jelas ane disini: http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/153998

Thread yang lama dah ane gembok, karena updatenya ada disini hehe..

Ane mau mohon maaf sebelumnya tidak bisa buatkan ebook, terlepas dari teknisnya yang sebenarnya sangat simpel, ane gak tau napa malas banget buat nulis utk dijadiin ebook hehe. Maka lahirlah thread ini, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.. Bagi mastah2 tlg jangan diketawain ya, earning memang tidak seberapa tapi ane yakin, ada potensi yang besar disini jika kita mau fokus, soalnya ibarat nasi sudah dihidangkan di meja, tinggal kita mau ambil atau gak utk dimakan :D

Balik lagi, flippa alternative yang saya maksudkan di thread tsb adalah Digital Point forum, salah satu forum internet marketing skala internasional yang memdunia hehe.. Pasti banyak penonton yang kecewa nih, "Oh DP doang toh...? kalo itu juga ane tau :P".. Gapapa, faktanya setelah sempat listing2an disana, ane masih bisa menghitung jari para member DP yang list website dan berasal dari Indonesia..


Ok, kita mulai yang basicnya dulu ya, biar thread ini benar2 friendly buat dibaca.

Apa itu website flipping?


Menurut saya, website flipping simpelnya adalah suatu profesi yang melibatkan bikin-jual-bikin-jual atau beli-jual-beli-jual website. Perlu ane cetak bold yang suatu profesi tersebut, karena harus dilakukan secara konsisten dan berulang2 baru hasilnya bisa bagus hehe..

Dengan konsep multiply yang saya sebutkan di thread sebelumnya, website flipper bisa menghasilkan fast cash yang nantinya bisa dipake buat investasi untuk aset lainnya atau aset long term. Maaf mungkin udah bosan dibaca di thread sebelumnya, tapi bagi ane pribadi inilah jiwanya flipping sehingga ane masih mau bertahan utk fokus di jalur ini, jadi mungkin bisa bermanfaat kalo saya ulang2 hehehe..

Kalo tidak punya website utk dijual, gimana dong?

Ada 2 opsi:
1. Bikin dulu, udah banyak share di forum tercinta ini bagaimana membuat website yang bagus
2. Beli aja, tapi dengan catatan kita paling tidak harus mengerti secara garis besar hal-hal teknis misal apa itu backlink, sitelink, pagerank, cara liat analytic/stats lainnya, dll..

Cuma menurut saya beli-jual lebih cepat perkembangannya, krn kita tidak stuck dengan "time". Kalo resource kita ada banyak dan bisa kita manfaatkan pasti hasilnya jauh lebih baik dibanding kita menjadi single fighter. Tapi ya itu tadi, jgn sampe beli2 tapi msh blm terlalu paham hal teknis secara garis besar.

Bagaimana sih website yang bagus itu?

Kalo ada website yang dijual, biasanya ane buka beberapa tool dan website sebagai berikut:
-websitenya sendiri
-histats/statcounternya atau kalo analytic suruh add email ane jadi user role
-cekpr.com
-archive.org (bila diperlukan)
-copyscape.com
-google.com / google.co.id (jika blog lokal)
-opensiteexplorer.org (bila diperlukan)
-SS earningnya (kalo ada earning)

Dari websitenya kita bisa liat desainnya bagus atau gak, terus baca2 grammarnya bagus atau gak, dari sini bisa liat kualitas suatu website (sebut aja kualitas fundamental, ciee...) apakah ditulis manual dan high quality content atau malah generated by robot, atau hanya tulis title tapi templatenya agc! hehe..

Dari statsnya (analytic, histats, dan statcounter) bisa kita lihat beberapa poin penting:

1. Lihat trafficnya organic apa gak (kalo di analytic : bagian landing page, queries, dll, pkoknya bagian search2 dan SE itu lah.. kalo di histats : liat di panel sebelah kiri, pilih "search engines", kalo di statcounter "keyword", dll).

*NB: disini juga kita bisa liat, websitenya itu ngerank utk keyword apaan, apakah musiman (trending saat ini tp sewaktu2 bisa ditelan bumi) atau keyword abadi atau evergreen.. Evergreen ini nilainya lebih mahal, krn lebih stabil. Tapi kalo musiman tertentu, biasanya banyak incoming traffic dan variasi keywordnya tapi bisa jadi kalo topiknya dah mati, habis juga deh trafficny. (tapi kalo blognya dah authority gpp, nembak kw trend lainnya jg pasti serp bagus mnurut ane).

2. Lihat referring sitesnya, ini penting, selain biar kita tau berapa porsi traffic dan perbandingan antara referral dan trafik yang benar2 organik, kita juga bisa meminimalkan risiko ditipu dengan fake traffic modus iframe seperti yang pernah ane tuliskan disini: http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/134578

3. Lihat geolocation, traffic dari negara2 premium sperti US, UK, Canada, Germany, atau malah dari negara mana.. Utk harga jelas yang dari negara premium lbh bagus hehe..

4. Lihat bounce rate, berapa pageview per visit, dll. Semakin rendah bounce rate semakin bagus, semakin banyak pageview per visit semakin bagus.

5. Lihat trennya. Ini yang paling penting menurut ane. Kita tidak bisa mengetahui secara pasti bagaimana masa depan blog yang bersangkutan, tapi at least kita bisa ramalkan dengan adanya pengetahuan tentang tren ini. Cara lihatnya, liat aja, dari hari ke hari, month to month, apakah tren traffic nya naik atau merendah atau stagnan. Usahakan beli yang naik dan stagnan (dalam long term). Tapi bukan berarti website yang trennya turun adalah website yang jelak. Semuanya relatif hehe..

Dari cekpr.com, kita bisa liat PR, Alexa Rank, Doman Authority, dan umur websitenya. Ane paling suka cekpr.com karena menampilkan info2 ini yang sangat penting kita ketahui, krn menyangkut performa blog tersebut.

Kalo ada pageranknya, kita bisa cek PR itu natural dari google atau hasil FTV (fake to valid), bisa lgs dicek di archive.org

Dari copyscape, kita bisa liat isi kontennya itu unik atau ada hasil yang nyangkut.. Hasil yang nyangkut juga perlu kita telusuri, bukan berarti website itu yang copas, bisa saja dia dicopas oleh blog lainnya. Ane pernah nemu satu dua kasus ginian..

Dari google.com dan google.co.id utk ngecek beberapa hal:
1. Bisa cek site:namadomain.tld kalo misal ragu diindex atau gak atau sekadar liat index berapa
2. Cek sitelink. Sitelink menurut ane pertanda google melihat site kita ini hirarki bagus atau gak, authority apa gak..

Kalo ada earning, earning (disertai bukti SS, kalo skala besar minta sekalian buat video atau teamviewer biar minimalisir risiko) bisa jadi acuan kita untuk harga suatu website. Bisa berkisar antara 3x earning sebulan (average) s/d 10x earning sebulan. (utk perkaliannya ini bergantung dari budget buyer dan seberapa potensial website tersebut).

Dan salah satu hal khusus yang biasanya ane lakukan khusus utk blog2 yang listing di ads-id, coba klik "what is the main function of bla bla bla" pokoknya kw yang long tail gak jelas. ini untuk testing aja, website nya itu agc search apa gak hehe..

Itu kan tips buat yang mau beli-jual-beli-jual, kalo yang mau bikin sendiri lalu jual gimana?


Tips2 diatas bukan hanya berguna bagi Anda yang mau beli website utk dijual lagi di DP, tapi buat yang mau bikin websitenya, takaran di atas adalah acuan para buyer, jadi maksimalkan setiap poin diatas agar website Anda semakin bagus poin2nya. Maka valuenya bisa lebih tinggi..



Ok, sudah soal websitenya.. Skg melangkah ke DP nya..

Di DP, ada banyak bule dari berbagai negara yang online untuk mengecek website2. Kuncinya disini: Mereka ready to buy, dan pasar sudah disiapkan untuk kita. Sisa kita ambil sendok nasi utk senggol, lalu angkat nasinya ke piring kita masing2 hehe..

Langkah2 listing di DP (ane gak terlalu bahas krn pasti smua dah ngeh, krn bentuknya cuma forum doang kek ads-id!):

1. Register/Sign up

2. Buat akun dan verifikasi email

3. Edit profil, makes it look as the most professional it can be.

Dalam mengedit profil, hal yang terpenting adalah kejujuran. Jangan tulis tinggal di NYC atau Los Angeles tp ternyata tinggal di Makassar hehehe.. Ingat, dalam bisnis apapun, kejujuran adalah nomer 1.

Kalo gak mau repot bisa beli akun orang aja, apalagi yang sudah ada feedback, cuma harganya rada mahal, apalagi transaction feedback DP skg udah beda sama itrader rating system kek dulu..

4. Seperti yang ane baca pagi ini, salah satu member menyebutkan Duit = Do It. Jadi, do your first listing! :)

PS: Ingat aturan dan rule utk DP! Silahkan dibaca baik2 di DP semua aturannya. Dan perlu diketahui, rules di DP are very strict, jauh2 lebih ganas dibanding di ads-id (makanya ane suka heran liat orang protes ads-id, padahal banyak banget forum lainnya yang jauh lbh sadis dari om P3d, sorry ya om P3d wkkwkw). Sedikit salah bisa mengakibatkan kita banned. Dan bannednya gak main2, keknya 3 atau 6 bulan gitu :D, dah terlanjur tua di IM baru lolos lagi hehe..

Untuk cara listing dan tips listing, silahkan dilihat di bawah, threadnya gak muat :))


View article...