Monday, April 22, 2013

Toko Online Sepi ? ini Alternatifnya

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Sunday, April 21, 2013 23:16
Author: cakmad
Subject: Toko Online Sepi ? ini Alternatifnya

 

Aku sudah buka toko online sejak tahun 2006, kala itu yang jualan barang seperti aku sangat sedikit sekali, bahkan bisa dihitung dengan jari, namun saat ini toko online yg jualannya seperti aku meluber banyaknya, bahkan hampir setiap kota ada.
Namun Allah SWT memberikan kita akal untuk berpikir secara kreatif, ada beberapa alternatif yang aku tempuh :
1- Alternatif Pertama :
Kembangkan pangsa pasar yang lebih luas, sekarang aku mulai kembangkan ke pasar internasional melalui eBay, mudah kok, syarat jualan di Ebay hanya punya kartu kredit(Paypal), coba sampeyan analisa pasar di eBay, ada beberapa item barang dimana kita bisa berkompetisi, misal aku jual barang elektronika, dimana barang yg aku jual, harganya malah lebih murah daripada Cina, mutu juga gak kalah, anda juga bisa jual jasa di eBay, pakai listing dgn format Auction, karena format Auction lebih menarik dan biaya listing feenya jg lebih murah, anda harus rajin2 berkunjung ke eBay cari alternatif barang yg tdk terlalu kompetitif,ada banyak penjual dari Indonesia yg sdh jadi seller besar di eBay, mereka jualan elektronik,kaos,souvenir, dan bahkan keris. Alhamdulillah sudah 4 bulan aku jualan di eBay, sekarang 2 kali atau 3 kali seminggu sdh bisa kirim ke luar negeri,yg penting telaten amati pasar,terdesak di dlm negeri,pasar internasional jadi alternatif yg bagus juga. Terakhir aku buat website toko online yg khusus jualan di tingkat internasional, bisa juga anda selipkan link website anda di eBay meski tidak boleh secara terang2an, menguntungkan sekali karena trafik di eBay sangat padatnya, hanya ada dua tipe orang yg berkunjung ke eBay, pertama Penjual dan kedua Pembeli serius, jarang ada orang iseng yg visit ke eBay, jadi trafik di eBay harus diperhitungkan, anda bisa jual barang yg sama tapi cara jualnya harus beda, misal, anda jual barang A tapi anda kasih gratis CD tutorial cara menggunakan barang A dgn lebih baik & efektif, semoga laris.
:malaikat:
2- Alternatif Kedua :
Kembangkan objek jualan anda bukan hanya ke salah satu item saja, anda bisa menjual berbagai item, bisa barang atau jasa,sekarang aku lagi jualan jasa makelar lembaga kursus punya teman,kita tayangkan ke iklan atau website,kalo dapat siswa,kita bisa dapat komisinya. Juga aku jual perangkat elektronika yg jarang dijual di pasaran,yg penting pintar beriklan online dan pinter-pinter meyakinkan orang, untuk sarana komunikasi aku malah tegas menolak dihubungi via SMS, aku hanya melayani via telpon saja,bagiku sendiri(bisa beda dgn pendapat sampeyan) via SMS kurang meyakinkan, berdasar pengalaman pribadi konsumen yg hubungi via telpon lebih serius membeli, 90% yg SMS tidak serius beli, karena mungkin barang aku jual nilainya jutaan,jadi pembelinya juga sdh tersegmentasi. Lalu bagaimana jika kita tidak menguasai aspek teknis barang yg akan dijual, caranya simple belajar dulu seluk beluk perangkat yg akan dijual pelajari bagaimana menjalankannya,komponen apa sj utk mebuatnya,kelebihan & kelemahan barang yg dijual harus hapal bener.Kalo gak punya barang yg dijual, datang sj ke tempat yg punya barang lalu foto brg-nya dan tayangkan di internet,sistemnya hampir sama spt droshipper. Utk tahu barang apa yg prospek dijual, anda harus rajin menggunakan Google Keyword Tool,lihat barang yg dijual beserta tingkat persaingannya.

3- Alternatif PLUS :

Adalah kembali ke ajaran agama,khususnya Islam,karena di dalam Agama masalah mencari rejeki sudah diatur caranya, baik melalui Doa, sedekah atau berjuang di JalanNya," barang siapa yang menolong Agama Allah, maka Allah akan menolong dirinya dan meneguhkan kedudukannya". Ini janji Allah, kalau Allah sudah berjanji pantang utk dilanggar, Islam sdh mengajarkan kita banyak hal, mulai dari buang air hingga bagaimana mengelola Negara kita sdh tercantum dalam Kitabullah dan Sunnah Rasulullah. Orang-orang yg berjuang di JalanNya akan dijamin kehidupanNya dunia dan akhirat (asal niatnya ihlas Lillahi). Berjuang bukan hanya perang, tapi maknanya bisa luas,mulai menyampaikan kebenaran kepada lingkungan kita bahkan membersihkan tempat ibadah juga termasuk diantaranya. Gak ada ceritanya orang jadi cleaning service di Masjid mati kelaparan atau hutangnya banyak, silahkan selidiki sendiri deh............
Semoga bermanfaat.

4- Alternatif PLUS PLUS pernah dibahas di => http://www.ads-id.com/forums/showthr...da-Toko-Online


View article...