Saturday, May 4, 2013

[Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Sunday, May 05, 2013 00:18
Author: geloraku
Subject: [Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

 

Kenalan dulu deh ya… saya masih unyu-unyu lah..baru kepala tiga, punya istri satu, dan anak satu…hehe. ..wkk cerutu

Saya memulai berjualan di ebay sekitar akhir tahun 2010, dan baru merasakan hasil yang signifikan sekitar bulan Maret 2011. Agak telat memang, tetapi itu karena saya menjalankan bisnis tanpa ada tutor secara langsung, bahkan teman sharing pun tidak ada. Saya mempelajarinya dari sebuah ebook yang dibagikan gratis, kemudian mencoba melakukan berbagai percobaan sendiri. Terus terang, saya terbilang malas dan kurang fokus menjalankan bisnis ini.

Langsung saja, berikut ini deretan screenshoot histori transaksi di paypal saya mulai bulan februari-mei (maaf hanya periode tersebut yang kebetulan saya ambil screenshootnya. Saya pikir cukup lah. ok).

Screenshoot Penghasilan Ebay – 19 Januari 2011 sd. 9 Februari 2011

Selama periode ini, uang yang masuk ke paypal saya hanya $24.63. Untuk mengawali berjualan, menurut petunjuk ebook tutorial tersebut harus mengumpulkan feedback terlebih dahulu. apa yang saya jual? nanti saya bagi dalam tulisan lainnya ok silau man!



Screenshoot Penghasilan Ebay – 10 Februari 2011 sd. 19 Februari 2011

Periode ini sedikit ada peningkatan pemasukan, yaitu $97.48. Itu berarti dalam waktu 19 hari, tanggal 10 Februari 2011 sampai dengan 19 Februari 2011. Kalau dikonversikan ke dalam rupiah, jika rate $1 = Rp 9500, maka $97.48 x 9500 = Rp 926.060,-….



Screenshoot Penghasilan Ebay – 27 Februari 2011 sd. 28 Maret 2011

Periode ini berhasil mengumpulkan $611.98 dalam waktu kurang lebih satu bulan.



Screenshoot Penghasilan Ebay – 29 Maret 2011 sd. 8 April 2011

Alhamdulillah, $1088.17 atau Rp 10.337.615,- (jika rate $ = Rp 9500) . Hm,,,,, 10 jutaan lebih dalam waktu 11 hari saja! Tapi belum selesai nih screenshootnya….lanjut .. megaphone



Screenshoot Penghasilan Ebay – 9 April 2011 sd. 23 April 2011

Namanya juga jualan :( kali ini pemasukan menurun menjadi $999.53 atau hanya sekitar 9.4 jutaan dalam waktu kurang lebih 14 hari alias dua minggu.





Screenshoot Penghasilan Ebay – 24 April 2011 sd. 6 Mei 2011

Pemasukan saya dalam periode tersebut adalah $1042.34 atau sekitar 9.9 jutaan dalam waktu kurang lebih 13 hari…



Screenshoot Penghasilan Ebay – 10 Mei 2011 sd. 27 Mei 2011

Yeah, 17 hari $3571 atau sekitar 33.9 jutaan! gembira gembira gembira …




Screenshoot Penghasilan Ebay – 28 Mei 2011 sd. 31 Mei 2011

Nah, sampe Mei aja yah silau man! ……. dan selama 3 hari, saya berhasil mengumpulkan $1570 atau sekitar 14.9 Juta!!! ngiler2 ngiler2 hehe biasa aja lah….



Alhamdulillah….

Oh, ya masih ada beberapa SS yang kebetulan saya simpan…. saya ambil serpihannya aja deh ya…biar seru!

Nah, screenshot penghasilan ebay yang terakhir di atas kan 3 hari di tahun 2011, dan Ini DUA HARI di tahun 2012, $1389.49 atau sekitar 13.2 jutaan.



Sekali lagi dah ya:

Ini yang sehari…dan sifatnya terkadang. wkk….eh, semoga sering deh ya……$1407,00 atau sekitar 13.3 juta!



Screenshoot-screenshoot penghasilan ebay tersebut saya share tanpa ada keinginan untuk pamer-pameran, karena saya tahu banyak yang berpenghasilan lebih besar, bahkan jauuuuuuuuuh lebih besar. Di atas langit masih ada langit. Saya cuma kerikil yang sombong, bro….. Dan atas nama kerikil, saya hanya ingin ini menjadi semangat untuk teman-teman , dan siapapun yang membaca tulisan ini.

Saya harap, ini juga akan membuka paradigma saudarah-saudarah bahwa "penghasilan tak terbatas" itu sangat MUNGKIN! Tetapi tentunya tidak terlepas dari berbagai resiko. Kurang baik juga jika menganggap hasil tersebut bisa didapatkan sangat mudah atau instan! Semuanya hanya bisa didapat dengan kerja keras dan DO'A. Yang namanya bisnis, semuanya sama….butuh kerja keras, dan memiliki potensi penghasilan tak terbatas…………….

Oya, Screenshoot penghasilan tersebut REAL! Dan benar-benar milik saya. Saya bisa mempertanggungjawabkannya.

NOTE: Pemasukan tersebut KOTOR. namanya juga jualan. ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan dong... fee ebay, paypal, order ke supplier, refund, dll.... tapi setidaknya, cukup senang lah dah sempat mampir dalam kehidupanku, walaupun sesaat. wkkkkkkkkk... namun, sebagai patokan, dalam kebanyakan listingan, saya selalu menargetkan profit lebih dari 50% bahkan tidak sedikit yang sampai 100-250% :mawar:


Bagaimana strateginya?
Persoalan teknis, saya pikir bisa dipelajari di banyak blog bahkan langsung di website official ebay nya sendiri. Ada beberapa point saja yang kerap saya lakukan dalam menjalankan bisnis ini. berikut ini kurang lebih alurnya.

* Cari Barang & Supplier ====> Research manual =====> Listing

Cari Barang & Supplier
Karena saya lebih ke dropshipp, untuk mencari barang apa yang akan dijual, saya cenderung beranjak dari item-item yang ditawarkan di website supplier. Saya sering browsing di aliexpress :senyum: . Kenapa Aliexpress? Secara sederhana, aliexpress itu ecommerce retailnya alibaba.

"AliExpress brings you quality products at wholesale prices on even the smallest orders. AliExpress is a part of Alibaba.com and offers minimum orders as low as 1 item, buyer protection and express delivery with full tracking.AliExpress currently hosts more than 5,900 different types of products from over 44 different industries,including the following: Apparel & Accessories, Automobiles & Motorcycles, Cell Phones, Computer Hardware & Software, Electronics, Health & Beauty, Lights & Lighting, Luggage,Bags & Cases,Security & Protection, Shoes & Accessories, Toys & Hobbies,Watches & Jewelry and Wedding Supplies. "

Di sana tempat berkumpulnya supplier yang rata-rata accept dropshipp. Lalu apa yang saya lakukan di sana? saya biasanya beranjak untuk memperhatikan "Best Selling" nya. Di sana ada tab khusus "best selling". Di situlah saya mulai memainkan insting:sempoa:. Kira-kira item apa yang memiliki potensi bagus untuk dijual di ebay.

Salah satu rahasia saya (sebetulunya bukan rahasia, biar keren aja), misi saya bukan hanya mencari item yang menarik utuk dijual kembali, tetapi juga mencari supplier yang terpercaya & friendly. Seringnya saya transaksi di luar aliexpress,,wkk,,,, tentunya itu salah satu strategi untuk mendapatkan harga lebih murah dari harga yang ditampilkan di tokonya.



Research Manual

Saya sebut research manual karena ada juga yg menggunakan tool tertentu, sebut saja terapeak...:D ..kenapa manual? karena saya sendiri hanya bolak-balik, aliexpress ---> ebay ----> aliexperess -----> ebay....dengan menggunakan fasilitas mesin pencari mereka.

cari barang yang masih memiliki margin, dan pesaingnya tidak uedan dengan cara menggunakan fasilitas mesin pencari. bahkan sekarang lebih enak, result dari mesin pencari biasanya secara default akan menampilkan active listing, namun kita juga bisa custom menjadi "sold item" atau "complete listing"... lihat "sold item" untuk melihat history penjualan item tersebut...kalu banyak ijo ijonya, beranjak ke harga! masih ada margin kah? kalau belum, balik lagi.......kkk

Ini lah kenapa saya cenderung mencari rekanan dengan suplier.. kita bisa bisik-bisik, dan tidak jarang saya meminta rekomendasi item apa yang sedang hot saat ini.....

Oya, rata-rata item yang saya jual bukan item yang saya ketahui dengan baik apa amanfaatnya, penggunaan, dll nya...... wkkk...kok bisa? bisa lah, kan ada rekan suplier yg siap membantu ketika ada pertanyaan dari buyer dll........


Listing

Ga usah diceritain deh...yg jelas sy cenderung menggunakan free shipping.... atau dalam keadaan tertentu saya buka dengna sistem bidding... itu kadang-kadang bisa menggenjot traffic.....

Sekian dulu yah.....saya pikir cukup ya..kapan-kapan diupdate lagi deh. mohon maaf jika kurang berkenan.... dan makasi om momod atas tempatnya.....:)

semoga bermanfaat....

*ga nolak dikasi "like" :kiss:

Attached Images


View article...