Thursday, August 1, 2013

Cara Membuat Perencanaan BUILD BLOG agar SEO… :)

Feed: Indonesia Internet Publishing, Advertising and Marketing Community
Posted on: Thursday, August 01, 2013 13:27
Author: poetri
Subject: Cara Membuat Perencanaan BUILD BLOG agar SEO… :)

 

Sebenarnya tidak ada yang istmewa dalam share saya. Tapi saya mohon ijinnya kepada para mastah n master ads-id, mohon masukan n koreksinya. Siapa tahu share sy yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat khususnya bagi pemula seperti saya…

Dalam membuat perencanaan utk build blog ini yang perlu dilakukan adalah sedikit kerja keras dan konsistensi. Tidak ada yang rahasia, berikut langkah umum dalam membuat perencanaan build blog:

  1. Reasearh Keyword (kw)
  2. Planing linkwheel postingan
  3. Artikel unik
  4. Gunakan template dengan SEO score > 80%
  5. Planning posting



Mari kita bahas satu persatu

1. Reasearh kw



Sudah banyak yang membahas mengenai research kw yg lebih detil di forum ini. Yang terpenting research kw di sini mengacu pada langkah no. 2, yakni planning linkwheel posting.

2.Planing linkwheel postingan



Bukan hal yang aneh lagi, linkwheel pastinya sudah banyak yang tahu. Apapun itu struktur dan jenis metoda linkwheel yang digunakan yang pasti tujuannya demi memperkuat kw.

Nah, kebanyakan linkwheel dilakukan dalam backlink. Pada kali ini, kita gunakan metoda linkwheel untuk postingan blog alias internal link.
Buat planning linkwheel seperti ini saja.
Struktur LW.jpg

Setelah memahami struktur linkwheel, maka akan mudah mentabulasikannya. So, mari sekarang bikin tabel untuk mempermudah ke langkah perencanaan postnya.
Berikut table perencanaan post berdasarkan pada gambar di atas.

LW Post Sample.jpg

Internal Link antar artikel dilakukan dengan tetap memperhatikan struktur LinkWheel.

Yang terpenting, catat semua URL artikel yang telah dipostingkan. Hal ini dilakukan guna mempermudah perencanaan posting selanjutnya. Dan juga berlaku untuk kepentingan nge-DRIGG, nge-share, atau backlink dari tempat lain.

Saya telah membuatkan tabel seperti di atas dalam excel. Silahkan boleh didownload di sini goo.gl/bLFWEP

3. Artikel unik



Selain unik, agan juga bsa membuat artikel dengan pola seperti mastah Eka Lesmana di sini http://www.ads-id.com/forums/showthr...-Dalam-2-Bulan.

Tapi nanti jangan semua artikel dalam postingan sama polanya ya, untuk mengantisipasi peraturan baru Si Om aza. Intinya buat yang natural dan untuk pengunjung.
Untuk mempermudah, mungkin ada baiknya artikel yg diposting adalah artikel hasil beli, supaya agan lebih focus ke perencanaan dan posting saja.

Bahkan artikel yg diorder pun nantinya ada sedikit yg mesti ditambahkan, menyesuaikan dengan struktur linkwheel yg dibikin.

4. Gunakan template yg memiliki seo score tinggi, sekitar > 80%


Cara mencek seo score bisa dg tool chkme.com. Biasanya template premium yg memiliki seo score segitu, tp tidak semua template premium juga, kok. So, cobalah untuk melakukan cek dulu sebelum agan membelinya.

Misalnya agan bisa menggunakan template dari mastah mbendoll di sini http://www.ads-id.com/forums/showthr...TR-Fast-Load-2. Atau kalo agan menggunakan wp bisa mengunakan themesnya mastah agan Khalid, bisa nyampe 100% Seo scorenya, lho! O:-)

5. Planning work



Dan ini yang terpenting, mas gan, yakni bikin skedul posting. Hal ini demi konsistensi mas gan melakukan posting atau pun drigg.
Contoh skedul misalnya bisa seperti ini

target bulanan.jpg
Silahkan bisa didownload dimari untuk contoh skedul post goo.gl/D9wfhK

Jadi bikin blog itu mungkin tujuannya ada 2, pertama yaitu blogger ego, tujuannya memang ngeblog. Yang kedua yitu tujuan ngeblog untuk bisnis.

Nah yang sy maksud adalah yang nmr 2. Jd ngeblog itu sudah disetting sedemikian rupa, sudah diplanning terlebih dahulu; kea arah mana dan berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk ngebuild blog tersebut.

Demikian…

Terimakasih atas LIKEnya

Attached Images