Friday, August 2, 2013

Enam kebiasaan buruk pengundang penyakit

Feed: Kaskus - Health & Medical
Posted on: Thursday, August 01, 2013 19:21
Author: EbenHezer13
Subject: Enam kebiasaan buruk pengundang penyakit

 

Ya, ya, yaĆ¢¦seringkali mahasiswa beralasan mudah sakit karena cuaca atau telat makan.

Padahal lebih dari itu penyebabnya. Tanpa disadari ternyata kebiasaan-kebiasaan buruk ini telah mereka miliki, apa saja itu?

Tidak Sarapan
Memang sangat mudah melewatkan sarapan, apalagi kalau kita sering bangun kesiangan. Tapi guys, sarapan itu ternyata sangat penting! Pada saat kita tidur, metabolisme tubuh berjalan sangat lambat, jadi pada saat kita bangun, hanya makananlah yang mampu mempercepat metabolisme tubuh kita kembali. Tak heran deh kalau kalian sering merasa lemas saat kelas pagi.

No Sunscreen
Lebih pilih pakai perfume daripada mengoleskan sunscreen/ pelindung cahaya matahari pada kulit. Sunscreen sangat berguna bagi kulit, dan ingat bukan Cuma untuk perempuan ya! Kebutuhan kulit akan pelindung cahaya matahari sangatlah vital. Kalau kamu tidak perdulikan, jangan kaget kalau kulitmu akan cepat menua,atau bahkan terkena kanker kulit.

Merokok
Iya, mengerti, pasti alasan merokok adalah cara buang bete! Tapi diingat lagi ya Campusers,merokok bukan hanya berbahaya, namun mematikan. Banyak sekali penyakit yang dapat diakibatkan oleh kebiaaan ini, mulai dari yang ringan yaitu bibir kering, kulit keriput, daya kuat tubuh melemah dan masih banyak lagi gangguan kesehatan lain yang sangat serius.

Malas Exercise
Maksudnya berolahraga, tidak perlu muluk harus pergi ke tempat fitness dan bermandi keringat selama berjam-jam. Kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan gerakan-gerakan simple seperti naik turun tangga, jogging di pagi hari, atau bermain futsal dengan teman-teman di waktu luang. Meski sering terbentur rasa malas, tapi kamu harus lakukan.

Takut ke dokter
Jangan berkunjung ke dokter hanya pada saat sakit. Mulailah sisihkan uang untuk melakukan general check-up. Apalagi di usia Campusers pada saat ini, Camppusers perlu tahu apakah ada gangguan kesehatan yang dimiliki, atau yang harus diobati. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Kurang tidur
Kebiasaan ini memang klasik banget terjadi sama anak-anak kampus. Banyak tugas, besok UAS dan sibuk ngurus organisasi. Hey! Jangan lupa, manusia itu setidaknya butuh 8 jam waktu untuk tidur. Apa saja yang diakibatkan kalau kamu kurang tidur? kamu bisa menderita depresi, bertambah berat badan, sakit jantung, dan anxiety atau rasa cemas berlebihan.

Drinking calories
Tidak mau makan berat, tapi kamu memilih minum kopi manis, soda, atau smoothie yang manis. Tahukah kamu dengan mengkonsumsi minuman tersebut, kamu justru mengkonsumsi lebih dari 1.000 kalori yang diperlukan tubuh perharinya? Akibatnya yaitu badan jadi gampang gemuk. Makanya asupan kalori juga harus seimbang dari makanan. Batasi kebiasaan minum minuman berkalori dan menggantinya dengan air putih yang sehat!