Friday, June 21, 2013

Cara Membangun Web/Blog Follower ala putihitam

assalamualaikum, punten ka mimin dan momod
salam apa ya? kan kalo mario teguh salam super, kita salam ads-id aja ya


ga terasa sudah mau menjelang puasa, saya beserta keluarga ingin memohon maaf bila ada kesalahan dan kata-kata/prilaku yang tidak saya sengaja atau pun sengaja. dan semoga kita dapat menyambut bulan puasa yang penuh berkah dengan hati yang bersih(horreeeeeeee... hehehehehe)


Karena temen-temen sudah memaafkan saya (bener ga? hehehehe)
saya mau sedekah ilmu sedikit, kalo dirasa ilmu saya kurang, tolong jangan sungkan ditambahin ya, terutama bagi yang sudah mastah ilmunya. Tapi kalo dirasa menyesatkan ato sudah basi tolong diapus aja ya.


Langkah-langkah membangun blog follower


blog follower hanya istilah saya ya (yg definisinya ada di sini)

  1. IDE, Pertama tentukan kita ingin membangun niche (topik) apa? untuk mencari ide, bisa maen di google search, flippa, alexa, quantcast, ke adsense blogspot
    • di google search : biasanya saya mencoba bermain mencari sebuah kata kunci berdasarkan filling saja, nah lalu lihat web/blog yg ter-index paling puncak (lalu saya lanjutkan untuk berkunjung ke halaman blog tersebut, untuk mencari tahu katakunci apa saja yang dibahas untuk niche inceran saya)
    • di flippa : biasanya cuman liat-liat website apa yang lagi trend, trus coba memungut ide dari website-website tersebut
    • di alexa dan quantcast : saya biasanya melihat-lihat website apa yang memiliki rangking yang bagus, trus coba ngitip sebentar niche apa yang dibahas website tersebut.
    • di adsense blogspot : saya biasanya liat cerita tentang website yang sukses dengan adsense

 

  1. Riset dan ujicoba Katakunci, setelah saya dapat ide, misalnya ide untuk membangun niche photography (tentu saja kita sudah memiliki beberapa website referensi yang sudah kita incar, contoh : digital-photography-school atau yg lainnya - ini bukan website saya loh, tapi kalo ada yang merasa terganggu, bilang aja nanti saya apus.)



nah coba kunjungin website trendsetter tersebut, cari tau tentang katakuncinya

untuk mengujinya saya ke google/trend/explore

 

misalnya kita akan menguji bakal katakunci "bokeh"

saya setting untuk data 7 hari, lalu ketikan bokeh trus enter deh, kalo ga ada, mundur lagi ke 30 hari, nah ada tuh, ini indikasi memang ada yang nyari kata kunci yang mengandung kata "bokeh", cuman memang tidak hangat (maksudnya untuk 7 hari kebelakang ga ada yang nyari

 

Lanjut, kita dapat lihat bahwa untuk 30 hari kebelakang ada pencarian dengan kata

- bokeh effect

- bokeh photoshop

- photography bokeh

 

tapi ini juga masih mentah, kita akan mencari long keyword (kata kunci yang lebih spesifik) tinggal di tes aja di google search

bokeh effect trus enter, lalu langsung liat ke related searchnya di bawah, misalnya dapet kaya gini

 

Searches related to bokeh effect

bokeh effect online

how to create bokeh effect

bokeh filter

bokeh effect photoshop

bokeh effect photography

how to get bokeh effect

bokeh effect tutorial

bokeh effect app

 

kalo dirasa masih kurang spesifik, klik aja kata kunci pada searches related tersebut, misalnya saya klik yg "how to create bokeh effect", nah dapet lagi yg lebih spesifik (lebih long keyword)

 

Searches related to how to create bokeh effect

how to create bokeh effect in after effects

how to create bokeh effect with dslr

how to create bokeh effect in illustrator

how to create bokeh effect in photoshop

how to create bokeh effect in camera

how to create bokeh effect with digital camera

how to make a bokeh filter

bokeh effect tutorial

 

tinggal pilih deh, mana yang mau dijadi keyword untuk posting di web kita

ulangi, proses ini untuk kata kunci yang lain, biasanya bila saya cek di google trend untuk pencarian 7 hari dan 30 hari tidak ada, saya langsung cari lagi yang lain (tapi ini bukan indikator satu-satunya ya, bisa juga dikembangkan - coba lebih kreatif)

untuk menyusun sebuah content atau posting udah pada bisakan? bisalah, ya

saran saya : buat dengan gaya bahasa anda sendiri, tapi kalo mau copas terserah juga - tapi tanggung sendiri akibatnya hehehehe...

Nah, tambahan untuk template/themes yg saya gunakan, biasanya saya menggunakan template/themes dengan format 2 kolom, kolom kiri posting, kanan sidebar (alasannya kenapa)

alasan saya : karena kalo dilihat dengan browser text(kaya lynx), yang duluan ke baca, adalah kolom bagian kiri, yaitu posting saya, baru setelah itu sidebarnya. (karena bot yang datang ke blog kita kebanyakan melihat blog dalam bentuk text, ini hanya analisa saya ya, kalo dirasa salah, jangan diikutin). o iya dalam browser text, juga kliahatan h1,h2,h3 dari judul subjudul

tapi boleh lah sekali-kali anda lihat blog anda dalam bentuk text, lihat apakah sudah lebih terstruktur.

dan untuk warna background, dan text usahakan pilih warna yang tidak membuat mata menjadi lelah untuk melihatnya (saya biasanya mendesain sendiri semua template dan themes blog, walaupun ga bagus2 amat, yang penting nyaman dilihat dan cepat diaksesnya)

nah kalo masalah backlink, saya hanya kasih dari social bookmark yang saya buat untuk setiap web/blog, seperti facebook page, google page, twitter, dan yg lainnya biar lebih natural aja (dan dikonesikan satu sama lain). kalo bisa dapet backlink yg satu niche lebih bagus lagi

kurang lebih itu ilmu ala kadarnya, yang biasanya saya lakukan untuk membuat sebuah website/blog follower

semoga berguna...