Saturday, June 29, 2013

[HOT SHARE]Membangun testimonial hingga dapat meroketkan penjualan

Feed: Arsip
Posted on: Saturday, June 29, 2013 00:24
Author: samtambur
Subject: [HOT SHARE]Membangun testimonial hingga dapat meroketkan penjualan

 

"Testimoni yang baik tentunya akan membuat pelanggan kita semakin yakin dan berujung pada pembelian produk, lalu bagaimana cara membangun testimonial yang baik dan dapat meroketkan penjualan produk kita???"

Attachment 31053
Teman teman boleh memanggil saya "samtambur". saya adalah penghuni baru dalam forum publisher indonesia ini, tentu tujuan saya datang ke forum ini untuk menggali ilmu para sesepuh ads-id sehingga mampu menambah wawasan saya tentang ilmu marketing. Tapi saya juga menyadari bahwa untuk mendapatkan pengetahuan baru yang lebih dalam tentu saya tidak boleh hanya sekedar menjadi pembaca pasif namun juga harus berkontribusi dalam berbagi pengalaman (walaupun pengalaman saya masih dangkal). So...besar harapan saya jika para mastah, sesepuh, pinisepuh(jawa=orang yang dituakan) atau sesama newbie (asal bukan Newbietol) untuk berkenan memberikan masukan, bimbingan dan arahan melalui komentar.

bahas.gif
Saya akan berbagi pengalaman saya dalam membangun sebuah testimonial bisnis sehingga mampu meroketkan penjualan barang yang saya miliki. Oh. iya dalam pembahasan ini saya akan membatasi pada pembuatan testimonial bisnis Online.

capek.gif
Oke...saya akan langsung mulai pembahasanya....
Apa sich testimonial itu??? menurut Wikipedia (orang pintar bacaanya kompas dan wikipedia jangan majalah HOT :)):)):)))

Quote:


Testimonial adalah salah satu teknik propaganda yang paling umum digunakan dimana ditampilkan seseorang yang untuk bersaksi dengan tujuan mempromosikan produk tertentu, kadang-kadang dalam kesaksiannya orang yang sama menjelek-jelekkan produk yang lain


Oke....pengertian testimonial sudah kita pahami,lalu bagaimana cara membuat testimonial yang mampu meroketkan penjualan produk kita? ada beberapa langkah yang pernah saya tempuh dalam membuat testimonial yang baik.

1. Awali dengan Kualitas Produk kita.

Quote:


Ini adalah langkah wajib untuk membangun testimonial pelanggan yang baik. pada dasarnya konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk kita untuk memperoleh apa yang telah kita sampaikan kepada konsumen. Jika mereka mendapatkan produk yang sesuai atau konsumen mendapatkan kualitas produk yang lebih bagus maka tanpa disuruh pun mereka akan memberikan testimonial baik, saya menyebut ini dengan viral testimonial, karena testimoni ini tidak disampaikan oleh konsumen kepada kita tapi dari konsumen pemakai produk kita ke calon konsumen baru.


2. Jaring pelanggan anda.

Quote:


kita jangan merasa puas dengan terjadinya jual beli produk kita, lebih dari itu jaring pelanggan anda agar mampu menilai produk anda sehingga akan memberikan tertimonial yang natural. Caranya bagaimana untuk menjaring testimonial baik dari pelanggan?

  • Berikan layanan yang baik, sopan dan fast Respon.
  • Informasikan no resi pengiriman kepada konsumen dan bantu mereka melacak / tracking posisi barang.
  • berikan layanan purna jual bisa berupa garansi, service, replace dll
  • tanyakan kepada pelanggan apakah produk yang kita kirim sesuai dengan pesanan atau bagaimana?


Menurut pengalaman saya dalam berdagang online, cara ini membuat pelanggan mampu memberikan testimonial yang baik terhadap barang yang saya jual.


3. Buat testimonial dari dan untuk Kita Sendiri

Quote:


Cara ini sering disalah artikan oleh para pebisnis online, sering kali saya melihat toko online yang membuat testimonial sendiri
Contoh : "Terima kasih....pelayananya ramah,barangnya bagus, barang cepet nyampe dari Gunawan di sby"
saya melihat ini bukanya memberikan kesan yakin calon konsumen malah menimbulkan kecurigaan konsumen. lalu bagaimana yang saya maksud dengan "membuat testimonial dari dan untuk kita sendiri"

  • tampilkan foto produk anda dari berbagai sisi, menampilkan dari berbagai sisi akan menimbulkan kesan positif bagi konsumen.mereka akan lebih yakin bahwa anda memang memiliki barang yang akan anda jual
  • tampilkan foto slip bukti pengiriman, Slip / nota pengiriman barang jangan hanya dibiarkan begitu saja, jadikan foto ini sebagai saksi bisu bahwa anda pernah melakukan pengiriman barang, sehingga konsumen tidak khawatir jika barangnya tidak dikirim.
  • tampilkan stock produk anda, Tampilkan bahwa anda benar benar penjual nyata di dunia offline dengan menampilkan stock produk anda.jangan hanya foto display.
  • Update No resi pengiriman anda, setiap ada pengiriman barang upayakan untuk mengupdate no resi pengiriman anda. ini akan menunjukkan bahwa produk anda laris manis dipasaran.
  • Setiap Foto/Gambar yang akan anda gunakan testimonial wajib anda sertakan secarik kertas bertuliskan Nama anda/Toko online anda beserta no pemesanan. Usahakan menggunakan tulisan tangan agar menimbulkan kesan bahwa foto tersebut asli anda yang menjepret dan bukan rekayasa sotohop.

3 Point tersebut rutin saya gunakan sehingga mampu mendongkrak penjualan barang saya di dunia online. Anda boleh percaya atau tidak,namun semoga foto foto dibawah ini dapat memberikan semangat kepada rekan rekan untuk terus memberikan pelayanan prima bagi calon konsumen masing masing

azampedia+online+shop+%u002525281%2529.jpgazampedia+online+shop+%u002525282%2529.jpgazampedia+online+shop+%u002525283%2529.jpg


CONTOH PENULISAN TESTIMONIAL BISA DICEK DI #2