Thursday, June 20, 2013

[SHARE]Google Author Rich Snippet tak kunjung Valid, ternyata cuma gara2 "me"

Feed: Arsip
Posted on: Thursday, June 20, 2013 15:38
Author: welyh2o
Subject: [SHARE]Google Author Rich Snippet tak kunjung Valid, ternyata cuma gara2 "me"

 

Asslmkm wrwb.. biasakan salam biar afdol :D

Ane masih newbie neh mau sharing aja, tentang pengalaman ane nerapin Rich Snippet buat nampilin photo dan nama author di hasil pencarian. Ini bukan panduan lengkap ya, foldernya aja ane masukin ke TIPS, takutnya udah ada yg bikin panduan lengkapnya.

Trit ini cm membahas beberapa kali kegagalan memvalidkan authorship, mpe berhasil dengan nilai valid cuma karena hal kecil.

Baiklan kita ikuti alurnya:

  1. Pertama karena ane pake google plus authorship, maka ane buka panduan ini _https://plus.google.com/authorship, dan karena blog ane berisi banyak auhtor maka ane teruskan ke panduan yang ini _http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=id&answer=1408986&expand=option2, jadi ga butuh validasi dengan email website.
    Intinya pada halaman artikel harus diberikan link ke profil google plus aga dengan format

atau

Code:


<a href="https://plus.google.com/114444621152196849869" rel="author">Apa aja</a>


ane pake yg pertama, n ini ga masalah

  1. Lalu ane cek hasilnya, ane pake postingan _http://android.blogekstra.com/aplikasi/aplikasi-kirim-artikel-pakai-android.html.. ane cek pake pake tool _http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets (Alat Uji Coba Data Terstruktur). Dan anehnya hasilnya "Laman tidak berisi markup kepengarangan"
  2. Oke deh ane review ulang, ane inget2 semua langkah udah ok
    - Ane udah bikin profile google plus, ane kasih link balik dari profile google plus ke artikel tsb, sekaligus ngasih isian atribut ke blognya yaitu android.blogekstra.com
    - Ane udah ngasih link ke profile goole plus pada artikel tsb dg tambahan ?rel=author
    - Nama author di blog/artikel udah sama dengan nama profil google plus
    - Di blog, nama athor udah dibuka dengan tag <span class="byline" <span class="vcard author" dan <a class="url fn" dan tentu nama auhtor sesuai profil google plus
    - Lalu hasil pengecekan nomor 2 diatas, pada bagian hatom-feed sudah terdapat author: dengan fn dan url yg bener
  3. Apa ada yg salah dengan format microdata, okelah ane tambahin kode ini sebelum nama author

Code:


<span itemprop="author" itemscope itemtype="http://schema.org/Person"><span itemprop="name" class="person-name">


  1. Ane cek lagi, belum bergeming juga
  2. mm mungkin plugin external nofollow bikin rel=author ga kebaca, yg kebaca mungkin rel=nofollow aja, ane matiin deh tuh plugin.
  3. Ane cek lagi, dan tidak sesuai harapan masih aja belum valid
  4.  


Disini ane istirahat dulu gan, ane ngerjain yg lain dulu. Ane bikin halaman author, ane pengen nampilin web-profile tiap penulis masing2. Kyk disini gan _http://android.blogekstra.com/author/welyh2o, (masih bentuk teks, nantinya pake gambar).

Nah justru kebetulan keisengan ane muncul disini, ane tambahin ?rel=author di bagian link google plus. Ane cek pake tool nomor-2 di atas dan hasilnya... MANGGGSTAABBBSsss...

Asik nih, solusi datang sendiri justru setelah kita sudah melepaskan masalah (sejenak). Ane terusin deh optimasi halaman posting, masa iya halaman author bisa tapi halaman lain ga bisa, kan sama2 nampilin author tunggal. Terusin yuk gan..

  1. Ane buka tuh kedua halaman, halaman artikel dan halaman author, ane bandingin output HTML nya, dan ternyata ada beda dikit.
  2. Di halaman author <span class="vcard author" pake "vcard red" dan link <a terdapat tambahan rel="me". Sebenernya banyak hasil perbandingan sih, buat nyingkat waktu aja biar agan ga bingung juga.O ya ane sebutin lg deh satu perbedaannya, yaitu di hasil tool ngetes nomor-2, ternyata ada tambahan output berupa xfn (me, name, url) dan tambahan pada rdfa-node berupa name value dan href
  3. Langsung deh ane tancapin tuh rel="me" ke link author di halaman artikel, dan hasilnya alhamdulilaahhhh.. berhasil.. berhasill.. berhasill.. (dora mode on)



Semoga membantu buat agan2 yg mau nerapin Google Plus Auhtor Rich Snippet, atau yg punya kendala yg sama kyk ane. Kalo repost hapus aja om momod, coz ane cari sih tadi ga ketemu tips kyk gini.

Silahkan dicoba gan.. Salam Semangat..