Friday, June 14, 2013

Earning Lebih $100/bulan dari Youtube ala Newbi

Sejujurnya saya bingung menjabarkan pengalaman saya bermain yutub,
Namun karena banyaknya permintaan di thread saya disini :
http://www.ads-id.com/forums/showthr...utube-Mei-2013

Maka saya beranikan diri menyusun kata demi kata untuk berbagi pengalaman ala Newbi seperti saya

Akun yutub saya sudah ada sejak tahun 2011 , namun tidak ada satupun vidio saya upload.
Tiga bulan lalu tepatnya kira-kira akhir maret / awal april 2013 saya menemukan sebuah situs tentang adsense yutub, setelah saya upload satu video , saya monetize dan di share, dalam beberapa hari ternyata benar2 sudah ada penampakan $$$ nya. Saat itu jujur aja saya belum tahu benar apa itu SEO , sampe sekarangpun saya belum benar2 menguasai teknik SEO sesungguhnya. Dan untuk memaksimalkan monetize yutub mulailah saya terawang-terawang seluruh sudut ADS-id, kesimpulannya....

Berikut ini Resep dan cara memasak adsense yutub ala newbi :

Bahan - bahan :

1. Materi / Video
2. Tool Editing Video (Mis : "proshow Producer")
3. Tool Perekam desktop PC (jika diperlukan, Mis : "BB Flashback")
3. Tool Convert Video to Mp3 (Jika diperlukan )
4. Backsound Musik Free Royalti (Jika diperlukan)
5. Koleksi gambar (Bisa searching sesuai kebutuhan)
6. Koneksi internet (bisa nebeng ortu, gretongan atau berbayar)
7. PC/Laptop (bisa juga Hape)

Cara Memasak adsense yutub :

1. Persiapan Materi
- Jika agan mau buat Video Tutorial mungkin agan bisa pake BB Flashback untuk merekamnya
- Jika agan merekam video dari hape tinggal di edit-edit nantinya
- Jika agan mau download video dari yutub dan akan di reupload usahakan kalau bisa cari
yang Common creative ( CC )

2. Materi digodok dulu dengan tool Video editing, salah satunya saya pakai "proshow Producer" , Bisa ditambah / Insert gambar-gambar, dikasih backsound dll

3. Riset Keyword, ini mungkin step-step SEO ( untuk step yang ini bisa agan cari di forum ini )

4. Upload Video, Isi Judul, Description, Tag, Kategori

5. Setelah 95% upload akan ada 3 pilihan Thumbnail gambar Video, Jika agan tidak suka dan untuk menarik perhatian pemirsa agan bisa pakai/upload thumbnail khusus.

6. Promosi :
Selesai Upload chek apakah video berhasil di monetize atau menunggu review, Kalau sudah lolos review monetize mulai Promosi
a). share/bagikan, di yutub sudah disediakan tombol share mulai dari FB, G+, twitter dll.
b). Promosi di forum-forum
c). Share/Submit ke sosbook
d). Blogwalking (klu kata blogger) ini boleh juga dilakukan

e). JADIKAN VIDEO AGAN SEBAGAI "TANGGAPAN" Salah satu Video orang lain.

Misalnya Video agan tentang "Smartphone" , cari Video2 Smartphone yang banyak komennya, Klik di kotak Komen langsung Klik "Tanggapan Video", Pilih Video agan yang mau dijadikan "tanggapan" video. untuk hal ini kita butuh persetujuan pemilik video dan berharap akan disetujui. Kalau DISETUJUI maka salah satu video agan yang tadi dklik sebagai tanggapan akan nagkring "Judul video agan" dibawah video tersebut dan akan ada kesempatan video agan di klik setelah orang melihat video orang lain itu.

f). Perbanyak Langganan/subscriber , agar setiap agan upload video baru langganan agan juga akan tau

g). Banyak amat yah smp G hehehehe....
Klu yang ini ibarat dari saya untuk saya dan orang lain.
Ada 2 Video saya yang peningkatan Viewer perharinya mantab banget, lalu saya manfaatkan untuk menanggapi video sendiri , Saya buka Video yang laris manis, saya klik kotak komen, saya klik "tanggapan Video" , pilih video, buka inbox , klik "setujui"
Naaahhh...Judul Video sendiri sudah nagkring di video sendiri hehehehe dan cukup lumayan membantu....

Kenapa saya lakukan ini, walaupun sudah saya cantumin di description kadang orang suka males buka description kalau memang tidak wajib buka, tapi pemirsa sudah bisa liat judul video kita lainnya sebagai referensi untuk ditonton.

*Menurut saya walaupun SEO nya bagus tetap harus ada pendukung2 promosi , ngga yang hanya mengandalkan SEO bagus dan yakin akan nangkring "langsung" di Pegwan yutub.

* Oh iya... awal-awal saya juga pernah memanfaatkan yutub viewer pihak ketiga, namun setelah diperhatiin banyak repot viewernya dari Mobile/HP yang belum tentu keluar iklan nya. dan durasinya pun rata2 30 detik/view jadi klu untuk monetize menurut saya kurang efektif. kecuali hanya untuk memperbanyak Viewer.

Kepanjangan yah kayanya dan terlalu bertele-tele...
maaf yaaah lagi belajar bikin Thread panjang hehehehe.....
Kalau ada yang salah mohon koreksinya mas gan, mas brow, mastah.....