Monday, February 4, 2013

[OPINI] The Truth Behind CPA Network

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Tuesday, February 05, 2013 07:40
Author: imcrone
Subject: [OPINI] The Truth Behind CPA Network

 

Assalammualaikum WR. WB.

Sebelumnya saya newbie mohon ijin sama om momod, mimin dan seluruh warga ads-id yang ganteng dan cantik-cantik untuk sekedar berbagi sedikit informasi yang mungkin saja bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Beberapa bulan kebelakang ini (dimulai dari pertengahan tahun 2012 kalo gak salah) ada sebuah model bisnis online yang berkembang dengan sangat cepat (mendekati populer lah) di kalangan Internet Marketer Indonesia. Nama nya CPA Marketing. Pada dasarnya CPA Marketing ini ya Affiliate Marketing juga sih, kita (selaku publisher/affiliate) dapat komisi sekian % dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui link affiliasi kita (kalo ga salah bahasa kerennya affiliate tracking link gitu dah). Tapi di CPA Marketing kita ga melulu harus menjual baru dapat komisi karena di CPA Marketing yang saya tau juga ada yang namanya PPL/CPL (dibayar untuk setiap valid lead yang kita bawa ke sebuah penawaran gratis, kira-kira gitu). Selain itu di CPA Marketing masih ada juga yang namanya pay per call, Pay Per Click sama CPM/PPV. Tapi yang kebanyakan ditawarkan oleh kebanyakan CPA Network adalah PPS (Pay Per Sale) sama PPL (Pay Per Lead).

Pemilik/Perusahaan yang menjalankan model bisnis ini dikenal dengan CPA Network.

Yang ingin saya bahas dalam thread ini adalah CPA Network. Hal ini dikarenakan saya miris melihat ada banyak teman Internet Marketer Indonesia yang komplain karena ga dibayar oleh CPA Network tempatnya bernaung.

Harus teman-teman sadari bahwa perkembangan teknologi sudah benar-benar jauh. Saat ini siapa saja, dari mana saja, asal dia punya sedikit modal, kemauan dan keberanian bisa mendirikan (bukan perusahaan ya, tapi individual) CPA Networknya sendiri. Dewasa ini sudah banyak sekali Affiliate Management Tools/Software canggih yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau bagi beberapa kalangan. Beberapa Affiliate Management Tools yang cukup populer dan sering digunakan oleh kebanyakan CPA Network adalah:

*) Hasoffers (ClickDealer, Ploose <- udah tutup, dll)
*) Cake Marketing (CPATank, OWN, dll. Affiliate Management Tools yang ini cukup populer dan banyak banget yang make)
*) LinkTrust (EWA, NdemandAffiliates, dll)
*) Effectus (kalo ga salah YesCPA dulu make ini)

Dengan modal ratusan hingga ribuan dollars perbulan, seorang Internet Marketer bisa mendapatkan salah satu perangkat diatas dan membuka CPA Network nya sendiri. Ya! Sebuah CPA Network persis seperti tempat anda-anda semua bernaung nyari duit saat ini. Dikarenakan harga yang sangat terjangkau (bagi sebagian kalangan ya) inilah mengapa saat ini ada ratusan bahkan ribuan CPA Network dapat kita temukan bertebaran dimana-mana dengan semua janji manis dan klaim akan keunggulannya masing-masing, OMONG KOSONG!

1. Siapa saja bisa punya CPA Network

Ga ada syarat-syarat atau aturan baku disini. Anda mau, Anda bisa punya CPA Network! Titik! Ga peduli apakah ntar Anda mau berdiri dan ngaku-ngaku atas nama perusahaan atau pribadi, lagian ini kan internet bos Anda tinggal bilang atau ngaku aja CPA Network Anda itu adalah perusahaan yang sah, lagian siapa yang bakalan komplain? Toh kebanyakan ntar yang join jadi affiliate/publisher di CPA Network Anda juga orang-orang bego dari negara-negara awam kaya India, Malaysia, Singapore, Negara-Negara dari Eropa sono, Afrika dan juga Indonesia sana. Peduli apa mereka? Anda tinggal bikin facebook, twitter, ngoceh-ngoceh di forum, tunjukin/posting gambar mobil-mobil mewah Anda (ga tau mobil pribadi apa nyewa), foto make baju jas (ga tau nya jas Bapak nya), udah deh, jadi deh. Anda sekarang adalah seorang BOS atau CEO dari sebuah perusahaan CPA Network (yang Anda klaim sendiri sah atau tidak nya). Publisher-publisher Anda bagaimana? Ah tenang aja, mereka kalo udah liat pesona-pesona fake personality dan identity Anda, mereka bakal lupa dan bakalan ngefans berat sama Anda. Mereka lupa bahwa kalo sebenarnya MEREKA GAK PERNAH LIHAT KANTOR RESMI ANDA TU ADA DIMANA dan BUKTI NYATA KALAU PERUSAHAAN ANDA ADALAH PERUSAHAAN YANG SAH! Gampang kan? Mereka ga bakalan tau kok kalo ternyata CPA Network Anda dibangun dari kamar tidur Anda yang sebenarnya merupakan bagian dari rumah orang tua Anda. Bagi mereka Anda adalah CEO dan bos sebuah CPA Network.

Jadi tidak usah dipermasalahkan kalau suatu saat CPA Network tempat kawan-kawan semua bernaung tiba-tiba ga jelas beritanya atau kabur bawa uang yang seharusnya menjadi milik Anda (komisi-komisi Anda). Simple aja, yang punya adalah orang-orang seperti kita-kita ini juga, ga ada basic berbisnis dan manajemen perusahaan yang jelas. Artinya fondasi tu CPA Network amburadul, ga jelas keuangan nya dan yang pastinya mereka tentu saja tidak punya planning atau kontrak yang jelas dengan advertiser-advertiser nya.

2. Owner/Pemilik CPA Network itu benar-benar orang seperti kita (Dia juga Affiliate Marketer)

Kalau Anda sudah punya CPA Network sendiri make salah satu Affiliate Manajemen Tools diatas, sekarang tugas Anda adalah nego sama CPA/Affiliate Network lainnya untuk nyari offers-offers yang bakalan Anda masukin ke database offers di CPA Network Anda sendiri. Misalnya Anda mau masukin dating offers, pergi aja ke Affiliate Network seperti CupidPLC, Alcuda, JDI Dating, GD International, dll. Bilang sama mereka gini:

Anda: Hi om, I punya CPA Network nih, publisher I ada 100,000 orang, I mo daftar jadi affiliate situ bisa ga?
Owner Network: Bisa dong gan, kualitas publisher sono gimana kira-kira?
Anda: Lumayan banyak yang suka sama dating niche nih, rata-rata mereka media buyer, volume di network ane UEEEDAAN
Owner Network: Hmmm kedengarannya oke tuh, ente suka offers yang mana?
Anda: I suka offers A, B sama C. Soalnya Landing Pages nya banyak gambar tititnya, publisher I demen yang begituan
Owner Network: Oh, itu produk adult dating unggulan kita bos
Anda: Ajib :D
Owner Network: Ok bos, kita bisa kasih u payout $3 per lead (SOI) dan $5 per lead (DOI)
Anda: Daily caps nya gimana neh bos?
Owner Network: Kita batasin network lu 10,000 leads perhari, ntar lu atur2 dah gimana sama publisher lu
Anda: Ok, done! Deal ya bos.
Owner Network: Ok

Gampangkan? Sekarang Anda tinggal integrasikan tracking link dari mereka ke affiliate management tools Anda. Trus publisher? Ah mereka mana tau apa kerjaan Anda. Kalo tadi Anda negosiasi $3 per lead (SOI), Anda kan butuh makan juga, untuk publisher Anda kasih aja dah $2 per lead (SOI) dan Anda bilang sama mereka ni offers EXCLUSIVE lo bos. Ga bakalan ada di Network lain, cuma ada disini. Traffic sources yang bagus buat ni offers adalah media buying di situs-situs kaya EdanClick.com atau ApaAjalah.com, ane udah coba dan hasilnya ROI ane 1,000,000%.

Gimana gak enak tu yang punya CPA Network? Publisher nya yang sibuk promosi, dia mangap-mangap doang udah dapat juga dari selisih komisi seperti diatas tadi.

Cerita belum berhenti disana kawan. Eh bos, kalo gini-gini doang rada lambat nih gua ngalahin kekayaan Bill Gate. Gimana ya? Tenang aja, Anda kan sudah make affiliate management tools yang super duper canggih nya minta ampun tadi? Itu kan Anda yang megang kendali semuanya. So? Ya mungkin sekarang waktu nya buat shave leads. Yup! Kita cukur tuh leads publisher-publisher kita. Kalo biasanya per 1,000 klik seorang publisher bisa dapar 100 leads, sekarang kita potong aja dah sekian persen biar di report nya tu publisher cuma nampilin 50 leads kek, 75 leads kek. Nah sisa nya gimana tuh gan? Ya bilang aja ke publisher nya kalo qualitas traffic dia rada jelek, suruh lebih giat promosi lagi. Anggap ada 25 leads yang hilang dari tu publisher, ni lead ceritanya gimana gan? Ya itukan ilangnya di report publisher itu doang gan, kalo di report network kita mah oke2 aja. Sisa 25 lead itu ya jadi keuntungan network kita gan. Kenapa musti ribet? Ini kan network kita, kita dong yang pegang kendali. HAHAHA!

Jadi kalau suatu saat kawan-kawan melihat adanya perubahan drastis dari volume leads yang Anda dapat, bisa jadi ini adalah salah satu permainan kotor dari Network tempat Anda bernaung (walau tidak semua CPA Network curang seperti ini). Kira-kira gimana menurut Anda? Cepat kaya kan orang-orang yang punya CPA Network? Ingat, ga semua begini ya. Banyak juga CPA Network yang honest.

BERSAMBUNG DI POST #1


View article...