Saturday, April 27, 2013

Cara Mudah dan Cepat Menulis Artikel Blog untuk Pemula

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Friday, April 26, 2013 16:42
Author: andyk02
Subject: Cara Mudah dan Cepat Menulis Artikel Blog untuk Pemula

 

permisi gan... nubie ijin bikin trit..

Menulis artikel secara cepat penting untuk ngeblog. Pada awal-awal ngeblog kita perlu mengumpulkan banyak artikel. Agar blog kita dapat diindex oleh Google dan muncul di hasil pencarian Google.
Menulis artikel cepat itu ada rumusnya. Suatu hal yang sulit akan mudah apabila mengetahui rumusnya. Cara berikut ini disadur dari ebooknya Paulie Ciara

Langsung saja, rumus menulis artikel secara cepat:
1. Menuliskan point-point pembahasan pada paragraf pembuka.
2. Menjabarkan setiap point-point tersebut dalam sebuah/beberapa pragraf

Berikut penjelasannya:
Paragraf pembuka atau awal paragaraf dalam suatu artikel memegang peranan penting untuk membuat artikel secara cepat. Pada paragaraf awal ini kita mengutarakan apa saja yang akan dibahas pada artikel.

Contoh paragraf pembuka:
Contoh 1:
Jika Anda mengalami insomnia, maka tips berikut semoga bisa membantu Anda. Ada 3 tips yang bisa membantu Anda mengatasi insomnia. Yaitu: jangan tidur di siang hari, beraktivitas penuh di siang hari dan menghindari kopi.

Contoh 2:
Mau penghasilan tambahan? Kenapa tidak mencoba bisnis online? Setidaknya ada 3 cara bisnis online yang tidak menyita waktu dan bisa memberikan penghasilan tambahan. Yaitu: jualan online, freelancer online dan bermain forex online.

Kedua contoh di atas adalah contoh pargaraf pembuka. Cukup sederhana dan singkat. Pada pargaraf pembuka ini utarakan untuk siap artikel dibuat dan poin-point pembahasannya.
Untuk memudahkan, paragaraf pembuka bisa Anda buat dengan garis besar sebagai berikut:
Artikel ini ditujukun untuk [segemen pembaca]. Artikel ini akan membahas [topik 1], [topik 2] dan [topik 3]

Anda bisa mengembangkan paragraf pembuka ini sekreatif mungkin.
Point pembahasan pada artikel blog tidak perlu banyak-banyak. Dua atau tiga pembahasan juga sudah cukup. Dengan 3 buah point pembahasan, artikel yang dihasilkan panjangnya kurang lebih 300 sampai 400 kata.

Setelah membuat paragraf pembuka, berikutnya kita membuat paragraf-paragraf penjelasannya. Ini menjelaskan point-point pembahasan yang sudah diutarakan paragraf pembuka.

Contoh:
Paragraf pembukanya:
Jika Anda mengalami insomnia, maka tips berikut semoga bisa membantu Anda. Ada 3 tips yang bisa membantu Anda mengatasi insomnia. Yaitu: jangan tidur di siang hari, beraktivitas penuh di siang hari dan menghindari kopi.


Paragraf penjelasannya:

Tidur di siang hari akan membut tubuh lebih segar. Sayangnya ini justru membuat kita susah tidur di malam hari. Jadi sebisa mungkin hindari tidur di siang hari. Walaupun ngantuk, usahakan jangan sampai tertidur siang hari.

Sebagai penganti tidur siang, Anda bisa beristirahat saja. Atau melakukan tidur ayam. Ini bisa dilakukan dengan memejamkan mata di kursi sambil beristirahat. Cukup lakukan 5-10 menit saja.

Tips berikutnya adalah beraktivitas penuh di siang hari. Jangan suka malas-malasan. Bekerja dan beraktivitaslah sampai lelah. Hal ini akan memicu tubuh beristirahat di malam hari. Harapannya kita bisa tidur nyenyak di malam hari.

Bermalas-malasan di siang hari justru memperparah insomnia. Karena tubuh tidak menguras energi. Agar tubuh menguras energi bekaryalah semaksimal mungkin di siang hari. Sehingga kita berprestasi di siang hari dan bisa tidur nyenyak di malam hari.

Dan Tips terakhir adalah menghindari kopi.Karena kopi memicu adrenalin. Ini menyebabkan mata tetap terjaga. Bagi penggemar kopi, ini cukup sulit. Sebagai solusi, minumlah kopi di pagi hari saja. Dan pada sore/malam hari, Anda bisa minum susu atau coklat.

Konon coklat bisa membuat kita cepat terlelap tidur. Selain itu Anda juga bisa makan makanan yang memicu ngantuk. Contoh yang populer adalah sayur kanggung. Penulis juga serihg ngantuk setelah mengonsumsi kangkung.

Selamat mencoba!


Mudah bukan? Cobalah dan rasakan bahwa membuat artikel dengan rumus yang sudah diutarakan adalah benar-benar mudah. Cobalah menulis artikel dengan topik ringan atau hobi yang sering dilakukan.


View article...