Tuesday, April 30, 2013

[SHARE]: Tips Trik Optimasi Sederhana Long Tail Keyword Untuk Google AdSense

 

 

Feed: Arsip
Posted on: Tuesday, April 30, 2013 17:01
Author: SkynetMedia
Subject: [SHARE]: Tips Trik Optimasi Sederhana Long Tail Keyword Untuk Google AdSense

 

Dear rekan-rekan Ads-id semuanya,

Ini thread saya yang kedua dan semoga bermanfaat meski bisa saja hanya sedikit manfaatnya.
Masih seputar pengalaman bermain Google AdSense (GA).
Mohon maaf buat admin, momod, mimid, mumud jika repost atau salah kamar.

Judulnya: Tips Trik Optimasi Long Tail Keyword untuk GA

Google sebenarnya menyediakan semua resources buat para penggemarnya. Hanya saja kita kadang menyepelekan dan terlalu percaya orang lain atau pihak lain. Padahal kita berbisnis dengan Google dan mencari nafkah dari Google. Ibarat kita punya orang tua yang selalu menghidupi kita, mengapa kita tidak mendengarkan nasehat atau menyimak petunjuknya? Mengapa kita harus mendengarkan kata tetangga bahkan orang asing yang berlalu lalang di pasar? Meski ungkapan atau nasehat orang luar benar, tetapi belum tentu terbaik buat kita. Hanya orang tua kita yang lebih tahu. Logika saya sangatlah sederhana.

Long tail keyword

Karena saya penggemar blogspot, saya hanya bagikan yang blogspot. Untuk platform lain semoga bisa dijadikan pembelajaran dan memberikan inspirasi.
Kalau Anda memiliki akun blogspot yang diintegrasikan dengan GA, pasti dong ada yang namanya statistik? Coba buka lagi bloggernya.
Nah, dari statistik itu apa yang terlihat? Minimal ada:

1. Ikhtisar
2. Posting
3. Lalu lintas
4. Pemirsa

Ikhtisar
Ikhtisar itu ibarat rangkuman. Jadi tidak ada yang terlalu penting diperhatikan di pembahasan kali ini.

Posting
Posting itu menceritakan artikel/tulisan mana yang paling dibaca oleh pengunjung alias terfavorit.
Kalau Anda menyematkan GA di dalam artikel secara acak atau rollingan, mungkin artikel yang paling banyak dibaca harus ditempatkan secara baik GA-nya. Sumber uang bro/sis.

Lalu lintas
Lalu lintas ini penting kita cermati di pembahasan kali ini. Di sana akan tertulis: alamat url yang merujuk ke situs/blog kita + alamat situs perujuk.
Bergembiralah jika situs perujuk Anda hampir rata-rata adalah dari search engine seperti Yahoo, Bing, Google, dkk. Mengapa? Karena SEO Anda cukup hebat dan biasanya CPC juga gede.

Lalu bagaimana dengan url perujuk? Url perujuk ini bisa kita telusuri untuk melihat apakah ada duplikat konten atau tidak berkaitan dengan hasil karya kita. Kalau ada tinggal ditelurusi dan jika menemukan tergantung Anda mau melaporkan ke CDMA ops...maaf DCMA atau tidak. Tetapi jangan salahkan orang lain jika mereka melaporkan kita suatu saat. Makanya tidak perlu copas dan copas.

Perhatikan poin berikutnya yakni "telusuri kata kunci"
Inilah yang saya maksud dengan optimasi long tail keyword. Semua dipampang jelas di depan mata kita. Itulah long tail keyword yang harus kita sisipkan secara baik dan elegan di tulisan kita mendatang. Berapa yang harus disisipkan dan yang mana saja?

Saran saya begini:

Karena setiap hari pasti ada long tail keyword apalagi jika situs/blog Anda rame, sebaiknya kita pilih yang bulanan. Di statistik ada pilihan bulanan, mingguan dan harian. Kita pilih yang bulanan dulu karena bulanan itu akumulasi semuanya. Jadi yang paling sering dipilih atau diketikkan orang ditempatkan dalam bulanan. Ambil satu per satu dan sisipkan secara baik hingga semuanya habis.

Sebenarnya tidak habis sih karena akan selalu bertambah. Jadi lakukan itu secara rutin dan tidak putus asa. Tidak mesti tiap hari, barangkali seminggu sekali sudah bagus. Jangan sia-siakan long tail keyword ini karena langsung dari mesin algoritma Google loh. Selesai deh! Dengan demikian keberadaan website/blog kita akan semakin kuat di Google, Yahoo, Bing, dkk.

Mungkin ada yang nyelutuk, "Bro, tapi kok long tail keyword saya rada aneh?"

Kalau yang aneh jangan dipilih. Contoh misalnya tulisan al4y, tulisan yang tidak tepat secara ejaan, kata-kata berbau dewasa, dsb. Pilih yang ada kaitannya dengan topik blog/website kita. Jadi pintar-pintar ya. Ya diseleksi saja atau dibenerin ejaannya.

Pemirsa
Nah, kalo yang ini tidak ada hubungan langsung dengan artikel kali ini sih. Cuma kan satu paket jadi dibahas saja ya.
Pemirsa itu adalah negara mana yang datang ke situs kita. Dan ada juga disebutkan operating sistem, perangkat yang digunakan, dll.

Anda lihat negara. Amati negara mana saja yang sering berkunjung. Kalau artikel Anda bahasa Inggris dan targetnya Amerika, lalu ada negara seperti United Kingdom, Canada, Australia, Singapore, dsb... Berarti Anda harus menyisipkan nama-nama negara atau nama kota di negara tersebut dalam artikel Anda yang diberikan long tail keyword tersebut. Sebarkan di artikel tetapi secara cerdik dan disisipkan saja. Tidak perlu banyak cukup satu kalimat saja. Contoh misalnya:

"At least some country have this spot maybe United States, United Kingdom, Australia, etc.."

atau

"I've heard that from myfriend in Canberra, ...bla..bla...bla.."

Dengan demikian algoritma si robot akan menyebarkan artikel tersebut ke negara-negara tersebut. Alhasil juga mantap kan secara CPC?

Bagaimana dengan browser dan sistem operasi? Ini tidak ada hubungan dengan artikel kali ini, tetapi bagi yang membuat blog/website yang berhubungan dengan gadget sejenisnya mungkin bermanfaat. Dari sistem operasi akan terlihat apa yang digunakan oleh pengunjung mengakses blog/website kita. Kalau punya mobile site yang diintegrasikan dengan GA, tinggal disiasati saja Kawan.

Tidak Main Blogcepot

Barangkali ada rekan-rekan yang tidak suka sama Kang Cepot tetapi lebih suka Mbak Perez. Lalu bagaimana aplikasikan trik ini?

Tinggal Anda manfaatkan saja long tail keyword dari fasilitas statistik lain seperti Histats, dsb.. seperti saran saya di atas. Hanya saja menurut saya yang sangat subyektif Histats itu ibarat tetangga atau orang lalu lalang di pasar. Bagus sih, cuma kita dihidupi oleh orang tua, masa lebih mendengarkan orang luar? Mesin penelusuran juga punya Google.

Google is not just my boss but my salesman. I love it!

Teruslah belajar tetapi jangan kebanyakan belajar! Kalau kebanyakan belajar kapan prakteknya? :D

Salam hangat,


View article...