Friday, April 12, 2013

Resep Nugget Belalang ala Mahasiswa UGM, Ridho Andika Putra

Salah satu mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem UGM angkatan 2010, Ridho Andika Putra, membuat terobosan hebat dengan mengolah belalang kayu (valanga nigricornis) menjadi nugget.

Ridho Andika Putra berharap nugget belalang menjadi salah satu alternatif pilihan di bidang pangan yang dapat diterima konsumen dari tingkat anak-anak maupun dewasa sebagai lauk maupun camilan.

"Saya berharap belalang yang diolah menjadi nugget bisa membuat masyarakat tertarik karena dari segi penyajian sangat praktis, dan selama ini kalau kita melihat olahan belalang umumya hanya digoreng dengan tekstur masih kasar," papar Ridho di FTP UGM, Jumat (12/4).

Ridho mengaku membuat produk nugget belalang merupakan upaya untuk meningkatkan nilai tambah dalam aspek bentuk dan cara penyajiannya. Produk olahan itu juga diharapkan membantu ketercukupan konsumsi protein di masyarakat.

"Ini merupakan pengembangan diversifikasi pangan lokal yang tidak tergantung impor. Sebagai sumber makanan yang kaya protein, nugget belalang diharapkan membantu asupan gizi untuk masyarakat miskin karena harganya yang terjangkau," ungkap Ridho.

Sebab, menurut dia, belalang merupakan cemilan dan sekaligus lauk yang nikmat dan khas dari Gunungkidul. Selain empuk, belalang goreng, juga berprotein tinggi. Kandungan protein ini bisa mencapai 60% pada kondisi kering.

Menurut dia, proses pembuatan nugget belalang, kata Ridho, tidak terlalu rumit. Langkah awal adalah membersihkan belalang dan dikukus setengah matang. Setelah itu, belalang dikukus setengah matang digiling kasar dan dilakukan pencampuran dengan bumbu yang telah dihaluskan.

Bumbu-bumbu tersebut terdiri dari bawang putih, lada, garam, penyedap rasa, tepung sagu, air, dan telur.

Belalang yang giling yang bercampur dengan bumbu lantas dicetak dalam loyang dan dikukus selama 15 menit. Langkah selanjutnya ditiriskan dan dilakukan pemotongan berbentuk segi empat dengan dilapisi dengan putih telur dan tepung panir atau disebut breading. "Setelah itu digoreng dan jadilah produk nugget belalang," jelasnya.

Bagimana? Anda ingin mencoba Masakan dari Belalang ini?